Personal Branding untuk Melejitkan Karir Anda

Personal branding merupakan satu hal yang paling penting yang menjadi syarat utama sebagai penunjang karir seseorang. Salah satu hal yang menunjang kesuksesan berkarir adalah dengan memiliki personal branding yang bagus.

Siapapun Anda seorang pengusaha, eksekutif, karyawan, pelajar, mahasiswa, atau pejabat perlu memilikinya di dalam diri Anda. Akan tetapi tidak semua orang memiliki personal branding yang baik. Berikut cara mengasahnya untuk meningkatkan karir agar  Anda menjadi pribadi yang lebih baik:

  1. Kenali diri Anda
    Anda harus mengenali potensi diri Anda terlebih dahulu. Sempatkanlah waktu guna memikirkan tentang apa perbedaan Anda dengan rekan-rekan Anda. Seperti kekuatan, minat, ketertarikan sampai dengan tujuan dari karir yang ingin Anda geluti.
    Jika Anda memutuskan pekerjaan Anda saat ini, pikirkan pula kira-kira bagaimana atau apa yang akan rekan kerja Anda rasakan ketika kehilangan Anda?
  2. Cari tahu penilaian orang lain terhadap Anda
    Tanyalah pada rekan-rekan Anda tentang sifat dan penilaian mereka tentang diri Anda. Bisa tanyakan terkait dengan keahlian, kekuatan sampai pada penilaian terhadap sosok Anda.
  3. Identifikasi target Anda
    Anda harus menentukan target Anda yang paling sesuai dengan keahlian atau kemampuan yang Anda miliki. Asahlah kemampuan diri dan tunjukkan pada tempat yang tepat.
  4. Perhatikan detail
    Perhatikan bahwa kontribusi yang dilakukan selama bekerja akan menunjukkan personal branding yang Anda miliki. Tunjukkan sikap, bahasa tubuh, cara berpakaian, sampai mungkin bahasa atau cara menulis Anda bisa menunjukkan atau membentuk personal branding yang kuat.
  5. Pentingnya membangun personal branding
    Masih ingatkah Anda diwaktu kecil kita telah diajarkan personal branding oleh orang tua kita? Misalnya belajar salaman dengan menyodorkan tangan kita pada orang tua atau saudara. Banyak hal santun yang telah diajarkan oleh orang tua kita pada kita.
    Sebenarnya apa yang orang tua berikan memiliki pengaruh yang sangat signifikan pada diri kita. Pembelajaran sikap atau attitude inilah yang bakalan meningkatkan branding kita didepan banyak orang, khususnya bagi Anda yang sedang merintis karir.

Personal branding adalah sebuah upaya yang sangat bagus untuk melejitkan karir. Jadi, untuk membangun karir Anda, terlebih dahulu bangunlah pribadi anda dengan baik sehingga Anda terlihat profesional. Salah satu contoh yang paling sederhana yakni dengan menghindari memotong pembicaraan rekan kerja. Hal ini dirasa tidak santun.

Selain itu, batasi penggunaan handphone saat Anda sedang berinteraksi dengan rekan kerja atau atasan, sekalipun dalam keadaan melakukan makan siang, gunakan kesempatan untuk bertukar pikiran dengan rekan kerja serta mempersilahkan pada rekan yang lain untuk berkesempatan masuk pintu duluan, terlebih jika itu atasan Anda.

Membangun personal branding merupakan hal yang sangat menarik untuk mengembangkan dan mengukuhkan posisi Anda dalam berkarir. Jika Anda berhasil mengembangkannya, Anda juga dapat menonjolkan personal art yang ada dalam diri Anda.

 

This entry was posted in tips karir. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *