Kisah Inspirasi dan Sepak Terjang Nadiem Makarim, Sang CEO Go Jek

 

Siapa yang tidak mengenal aplikasi canggih Go Jek di ponsel android saat ini? Mungkin anda pun salah satu pelanggan aplikasi modern satu ini jika hendak bepergian. Nah, sebenarnya siapa pendiri model bisnis ini dan rangkaian sepak terjangnya selama mengembangkan aplikasi bermanfaat yang mudah diunduh? Yuk, kita simak ulasan lengkap berikut ini.

 Latar belakang dan awal mula Nadiem Makarim mendirikan Go Jek

Nadiem Makarim lahir di Singapura pada 4 Juli 1984 dari pasangan Nono Anwar Makarim asal Pekalongan dan Atika Algadrie asal Pasuruan. Nadiem menghabiskan masa kecil di Jakarta hingga melanjutkan SMA di Singapura. Program sarjana International relations di Brown University dan pendidikan master di Harvard University pun berhasil diraih oleh sosok pria berusia 33 tahun tersebut. Sebelum mendirikan Go Jek, Nadiem pun sempat bekerja di berbagai tempat seperti perusahaan Mckinsey & Company.

Dulu, Nadiem adalah seorang pengguna setia ojek hingga ia melihat bahwa permasalahan utama tukang ojek konvensional adalah waktu yang tidak produktif. Para tukang ojek harus mangkal di tempat tertentu dan menunggu penumpang. Karena hal inilah orang lebih suka menggunakan taksi karena lebih mudah ditemukan.

Masalah tersebutlah yang membuat Nadiem mencoba menciptakan solusi. Pada tahun 2011, Go Jek pun dirintis dengan cara yang sederhana yaitu mengirim pesan lewat sms. Kini, usaha Nadiem telah berkembang pesat merekrut lebih dari 10 ribu pengojek.

 Nadiem Makarim, sang inspirator kreatif Indonesia

“Saya tidak betah kerja di perusahaan orang lain. Saya ingin mengontrol takdir saya sendiri.”

Sepenggal ucapan bermakan Nadiem membuat namanya melejit sebagai inspirator kreatif yang memberikan motivasi kepada orang lain untuk melakukan hal yang sama. Apa saja yang mungkin bisa anda ambil manfaat dari sepak terjang Nadiem memulai bisnis teknologi yang berkembang pesat?

  1. Selalu melakukan inovasi terkait teknologi

Hidup pada jaman serba modern seperti saat ini, teknologi tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Tak heran jika Nadiem berusaha menggabungkan sebuah usaha pelayanan dengan kemajuan teknologi. Solusi inovatif tersebut ternyata diterima oleh masyarakat luas.

  1. Menciptakan lapangan kerja baru

Jika selama ini banyak orang menganggur maka bisnis Go Jek membuat banyak orang memiliki peluang yang sama. Nadiem pun memberikan transparansi harga yang super keren yakni 20% untuk perusahaan dan 80% untuk para sopir ojek. Dari estimasi tersebut, para pengojek sudah mendapatkan fasilitas seperti jaket, helm dan Android. Tentu apa yang dikerjakan oleh Nadiem membuat sebuah bisnis berbasis teknologi berkembang super cepat.

Kini, banyak orang mengaspirasi kehebatan Nadiem Makarim merintis bisnis teknologi. Tak heran jika namanya mencuat dalam berbagai nominasi penghargaan salah satunya Indonesian Choice Awards for Creative and Innovative Person of the Year. Anda pun mungkin bisa mendapatkan ide bisnis baru dari sang inspirator muda Indonesia tersebut.

 

This entry was posted in Biografi Orang Sukses. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *