Profesi yang Muncul di Era Disruption

Seiring berjalannya waktu dan perkembagan digital yang semakin canggih di era disruption membuat munculnya banyak kesempatan baru dalam dunia bisnis. Ketika banyak perusahaan yang bangkrut, tutup atau gulung tikar setelah tidak dibutuhkan, dilain sisi ada beberapa sumber pekerjaan yang akan akan memberi kesempatan baru.

Penduduk Indonesia sendiri mencapai 256,2 juta jiwa. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJI) Indonesia, 132.7 juta jiwa atau setenganya menggunakan internet. Berdasarkan data tersebut 71.6 juta jiwa merupakan pengguna aktif Facebook, 19.9 juta jiwa merupakan pengguna Instagram dan 82.2 juta jiwa pengguna situs online shop daring.

Perkembangan internet di masyarakat dan banyaknya pengguna, memberikan kebutuhan baru yang membutuhkan kealian yang lebih tinggi. Berikut ini profesi yang akan muncul di masa milenials abad ke 21.

Specialist SEO

Pada umumnya seseorang yang menggunakan internet mencari informasi dengan menggunakan mesin pencari seperti Yahoo, Bing dan Google. Oleh karena itu mesin pencari ini menjadi sangat penting dalam marketing sebuah produk.

Jadi muncul profesi SEO (Search Engine Optimization) pada era disruption sebagai pengoptimal pencarian produk untuk mudah di cari sehingga meningkatkan penjualan. Pada masa millenials, perusahaan banyak membuka pekerjaan khusus SEO, terutama perusahaan yang bergerak di dunia digital. Mengingat pentingnya profesi ini membuat perusahaan rela memberi bayaran yang cukup besar.

Web Developer

Sekarang banyak orang yang lebih aktif menggunakan internet, bahkan saat berbelanja pun memanfaatkan internet. Oleh karena itu perusahaan membutuhkan alamat website untuk proses pemasaran. Tujuannya agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan tidak terbatas ruang waktu hanya kuota saja.

Pentingnya dalam pemasaran dan profesi yang tidak main-main sebagai ujung tombak dari sebuah perusahaan. Menjadikan profesi ini memiliki bayaran yang sangat besar mencapai 15 – 20 juta/bulan, hal ini sebanding dengan apa yang di terima oleh perusahaan.

Data Scientist

Seiring ramainya pengguna internet menimbulkan banyak sekali aplikasi yang mengharuskan memakai informasi pengguna. Data inilah yang menjadi penting dalam strategi pemasar sehingga bisa sesuai target pasar yang diharapkan.

Profesi data scientist yang merubah dan membaca data ini, serta merubahnya menjadi informasi yang berguna untuk dunia bisnis. Di tahun 1990 memang tidak terdengar profesi data scientist, namun di masa milenialis justru sedang naik daun dengan bayaran yang cukup tinggi.

Animator

Teknologi yang terus mengembangkan sektor VR (Virtual Reality) dan  AR (Augmented Reality). Teknologi ini membuat profesi animator semakin banyak dicari oleh perusahaan. Bagi milenialis penggunaan VR dan AR menjadi sangat penting dalam marketing, maka tidak heran perusahaan berlomba-lomba untuk mendapat seorang animator terbaik.

Itulah beberapa profesi muncul di era disruption dengan bayaran tinggi. Selain itu masih ada beberapa profesi yang muncul pada zaman milenials seperti digital marketing, food stylist, make up artis dan social media specialist. Terus belajar dan mendapat profesi yang anda inginkan.

 

This entry was posted in Artikel Informasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *