Inilah Start Up Founder yang Kamu Harus Tahu

 

Membangun start up yang dapat menguntungkan, bisa menggunakan system bootstrap dalam bentuk sebuah tim kecil. Nasihat yang diberikan oleh Jason Fried dan DHH seorang pendahulu entrepreneur yang sudah menyebar di komunitas teknolgi di Barat dan start up.

Tetapi nasihat itu luput dari perhatian komunite teknologi dan start up yang ada di Asia terutama Indonesia. Padahal nasihat ini sangat penting untuk founder baru yang masih muda, dengan cita-cita dan harapan dalam membangun bisnis.

Sekarang kita akan memberi sedikit informasi untuk start up secara umum, mengingat hal ini bisa dilakukan secara universal. Inilah start up founder yang kamu harus tahu.

Produk yang Banyak Diminati

Mengkin terkesan sangat sederhana, bahkan terbilang kurang informative saat diungkapkan dan di baca. Namun kebanyakan dari start up founder universitas, sekolah computer  dan akselerator yang menjati entrepreneur muda tidak mengikutinya.

Beberapa ide dari start up yang tidak akan di beli seperti Marketplace, Aribnb, Uber, jaringan Sosial Game dan ide bisnis yang melibatkan iklan didalamnya. Kebanyakan unicorn yang besar dengan miliaran dollar masuk kategori Snapchat, Uber, Aribnb, Facebook dan Twitter. Sementara di Vietnam banyak developer yang mengembangkan Game Mobile.

 Modal Bukan Faktor Mati Start Up

Pendapat yang mengatakan modal menjadi sangat penting dalam start up yang diungkapkan di diskusi komunitas dan TechCrunch, Hacker News.  kenyataannya modal bukan factor mati dalam start up founder, setidaknya tidak sepenuhnya benar.

Bagi entrepreneur muda kamu harut tahu, bahwa tanpa pendanaan dari luar, bisnis yang anda bangun tetap bisa bertumbuh menjadi besar.  Inilah yang harus kamu tahu sebagai start up founder baru untuk menghasilkan ratusan dan jutaan dollar/tahun, namun berita ini menjadi hal buruk bagi para investor.

Pada umumnya investor mau menanamkan uang mereka di sebuah perusahaan yang memiliki portofolio mereka, maka kepentingan dari entrepreneur dan investor sangat berbeda. Perbedaan yang terjadi ini kadang terasa sangat menyakitkan untuk start up.

 Menjaga Hidup Sehat

Pada saat anda dapat membuat produk yang banyak diminati, serta tidak terikat oleh para investor. Maka tidak perlu kerja terlalu keras untuk mendapat jutaan dollar pertahunnya, dengan begitu anda bisa menikmati hidup yang baik.

Bukan berarti tidak ambisius dalam berbisnis, tetapi menjadi kreativ yang penuh inovasi dan mebuat produk yang dicintai oleh konsumen menjadi cara terbaik dalam menjalani bisnis. Uang bukan factor utama dalam tujuan start up founder, namun bisa menjalani hidup lebih baik setiap harinya.

Bagi para entrepreneur muda yang ingin membangun sebuah bisnis dan ingin membuat bisnis anda menjadi semakin besar, maka ikuti nasihat start up founder di atas dari para entrepreneur yang lebih berpengalaman. Selamat mencoba dalam meraih ratusan dan jutaan dolla/tahun.

 

 

This entry was posted in Artikel Bisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *